Jumat, 23 Januari 2009

Soal Kelas XII dan X MA Nurul Hikmah Matap TIKOM

Kelas XII IPS
Petunjuk 1 (soal no 1-20)
  ~ Pilihlah jawaban a, b, c, d atau e yang dianggap paling benar!
Petunjuk 2 (soal no 21-30)
a. jika jawaban 1, 2 dan 3 benar
b. jika jawaban 1 dan 3 benar
c. jika jawaban 2 dan 4 benar
d. jika jawaban 4 saja yang benar
e. jika jawaban semua benar
Petunjuk 3 (soal no 31-40)
a. jika pernyataan pertama dan kedua benar serta keduanya mempunyai hubungan sebab akibat
b. jika pernyataan pertama dan kedua benar tetapi keduanya tidak terdapat hubungan sebab akibat
c. jika pernyataan pertama benar dan pernyataan kedua salah
d. jika peryataan pertama salah dan pernyataan kedua benar
e. jika pernyataan pertama salah dan pernyataan kedua salah

Gunakan petunjuk 1

1. Berikut adalah software desain grafis yang kita kenal, kecuali….
a. adobe photoshop b. corel draw c. autocad d. excel e. word
2. Yang termasuk software pengolah gambar vector adalah….
a. adobe photoshop b. corel draw c. corel photopaint d. Microsoft paint e. word paint
3. Berikut adalah menu-menu pada halaman pembuka, kecuali….
a. new b. open graphic c. template d. corel tutor e. page setup
4. Untuk membuka pekerjaan-pekerjaan terakhir terakhir yang kita lakukan, menu apakah yang kitapilih?
a. template b. corel tutor c. open graphic d. open last edited e. new
5. Yang termasuk ke dalam menu pada menu bar adalah, kecuali….
a. layout b. text c. windows d. tool bar e. toolbox
6. Untuk membuka desain baru, menu apakah yang kita pilih….
a. menu bar b. title bar c. tool bar d. tool box e. layout
7. Untuk mengubah objek menjadi kurva, kita dapat menggunakan jalan pintas dengan menekan….
 a. ctrl+Q b. ctrl+K c. ctrl+C d. ctrl+V e. ctrl+kur
8. Untuk membuat warna pada background gambar, menu apakah yang kita pilih?
 a. file b. layout c. view d. windows e. edit
9. Agar persegi panjang tepat pada garis bantu, maka harus mengklik….
 a. snap to guideline b. sanp to c. snap to object d. grid guideline e. snap to rectangle
10. Bagaimanakah cara singkat untuk menggandakan garis….
 a. ctrl+c dan ctrl+v b. ctrl+c dan ctrl+s c. ctrl+v dan ctrl+s d. ctrl+s dan ctrl+v e. ctrl+p
11. Untuk memperbesar tampilan, maka ikon yang kita pilih adalah….
 a. zoom level b. zoom out c. zoom in d. zoom to selected e. zoom to object
12. Untuk menampilkan seluruh object yang telah dibuat, maka ikon yang kita pilih adalah….
 a. zoom to page b. zoom to page height c. zoom to all object d. zoom level e. zoom to object
13. Untuk mengedit bentuk dari object, maka ikon yang kita pilih adalah….
 a. knife b. hand c. shape d. bezier e. snap
14. Cara menampilkan desain full screen, yaitu dengan menekan….
 a. F9 b. F4 c. F2 d. F7 e. F8
15. Bentuk elips ketika ingin menjadi lingkaran yaitu dengan mendrag bersamaan menekan….
 a. ctrl b. shift c. alt d. page up e. page down
16. Cara menghapus sebuah object adalah dengan men-delet object tersebut dengan menggunakan….
 a. pick b. knife c. uncle d. wife e. child choice
17. Mengisi warna gradasi adalah kegunaan dari....
 a. uniform fill b. Pattern fill c. fountain fill d. ill fill e. see fill
18. Untuk mengubah ketebalan garis yaitu dengan….
 a. width b. colour c. style d. bold e. under line
19. Berikut adalah beberapa jenis node,kecuali….
 a. num pad b. node curve cups c. node curve symmetrical d. node smooth e. node chicken
20. Berikut adalah hal-hal yang berkaitan dengan proses transformasi object saat anda membuat desain,kecuali….
 a. memindahkan b. me-mirror c. memutar d. mewarnai e. memiringkan 
 

Gunakan petunjuk 2

21. Kegunaan dari garis bantu.
 1. membantu membuat garis lurus 3. membantu menentukan sudut object
 2. membantu menentukan ukuran object 4. membantu meletakan object dengan tepat
22. Menu pembuka pada corel draw 11.
 1. new 2. template 3. open 4. what’s new?
23. Yang termasuk ke dalam menu file.
 1. revert 2. import 3. export 4. repeat
24. Yang termasuk ke dalam menu edit.
 1. repeat 2. sent to 3. duplicate 4. rulers
25. Yang termasuk ke dalam menu view.
 1. undo 2. grid 3. acquire image 4. wire frame
26. Yang termasuk ke dalam menu layout.
 1. delete page 2. print page 3. insert page 4. paste page
27. Yang termasuk ke dalam menu arrange.
 1. adjust 2. trace bitmap 3. text statistic 4. transformation
28. Yang termasuk ke dalam menu effect.
 1. blend 2. artistic media 3. power clip 4. extrude
29. Yang termasuk ke dalam tool box zoom.
 1. zoom tool 2. to tool 3. hand tool 4. docker tool
30. Yang termasuk ke dalam tool box shapes.
 1. zoom shapes 2. basic shapes 3. hand shapes 4. arrow shapes

Gunakan petunjuk 3

31. Ada banyak software desain grafis yang dikenal. Secara garis besar, software-software tersebut dapat dibedakan menjadi dua 
  kelompok (berdasarkan jenis objek yang dihasilkan), yaitu gambar vector dan gambar bitmap.
Sebab
Keunggulan Corel Draw adalah kemampuan penanganan teks dan fasilitas penulisan teks, seperti untuk pembuatan brosur atau layout sebuah halaman. Interface pada corel draw mudah disesuaikan untuk mengelola toolbar secara utuh, hot key, menu, roll up, dan status bar yang dapat dikonfigurasi sendiri.

32. Dengan berkembangnya teknologi,orang sudah mulai dan hampir semuanya beralih pada desain grafis menggunakan computer  
  untuk membuat brosur, pamplet, iklan atau bentuk-bentuk publikasi lain.
Sebab
Papan reklame, kaos bersablon dan pamlet partai politik dan para caleg untuk pemilu 2009 sudah banyak diperlihatkan di tempat-tempat strategis. Hal tersebut membuktikan bahwa desain grafis pun sudah dapat dimanfaatkan dalam rangka sosialisasi partai dan caleg demi sebuah kemenangan di perhelatan pemilihan umum yang akan datang.

33. Software untuk pengolah gambar vector, misalnya corel draw, adobe illustrator dan freehand.
Sebab
Pengolah gambar bitmap yaitu menggunakan software Microsoft paint, corel photopaint, adobe photoshop dan paint shop pro.

34. Garis horizontal dan vertical untuk menentukan ukuran dan menempatkan objek dengan tingkat akurasi yang tinggi. Jika pada lembar 
  kerja anda tidak muncul ruler maka dapat dimunculkan dengan mengklik menu edit , pilih ruler.
Sebab
Rulers digunakan untuk menempatkan gambar atau object yang akan dan telah dikerjakan akan tepat pada posisi yang diinginkan.

35. Toolbar memudahkan kita untuk bekerja dengan corel draw seperti membuat halaman baru, membuka gambar, menyimpan,
  mengopi, mengimpor gambar, dsb.
Sebab
Toolbar terdiri atas ikon-ikon yang mempunyai kegunaan seperti membuat desain baru, membuka desain, menyimpan desain dsb.

36. Hal yang pertama kali dilakukan sebelum membuat desain adalah mengatur lingkungan kerja sesuai dengan kebutuhan. Hal ini
  penting dilakukan agar kita lebih nyaman bekerja.
Sebab
Mengatur lingkungan kerja yang pertama kali adalah mengatur tampilan gambar.

37. Untuk membuat garis lurus, kurva dan yang lainnya digunakan free hand tool. Kita dapat membuat berbagai macam garis 
  menggunakan flyout.
Sebab
Garis yang dibuat dengan free handtool tergantung pada pola yang kita buat saat men-drag pointer. Biasanya, dengan men-drag kita kesulitan mendapatkan garis lurus.

38. Cara membuat persegi empat adalah dengan mengklik rectangle tool.
Sebab
Caranya sama seperti membuat persegi panjang.

39. Terkadang dalam membuat desain kita perlu untukmembuat objekberupa setengah atau sepermpat lingkaran, atau bentuk-bentuk lain 
  yang mempunyai bentuk dasar lingkaran.
Sebab
Kita perlu mengetahui bagaimana memodifikasi lingkaran berikut objek-objek yang dapat dihasilkannya.

40. Transformasi objek adalah sebuah objek dapat dipindahkan posisinya, diputar, diubah skalanya, dibalik, mewarnai objek, dan lain-
  lain.
Sebab
Permainan warna merupakan salah satu daya tarik dalam pembuatan desain dan transformasi objek.

 

Kelas X
Petunjuk 1 (soal no 1-20)
  ~ Pilihlah jawaban a, b, c, d atau e yang dianggap paling benar!
Petunjuk 2 (soal no 21-30)
a. jika jawaban 1, 2 dan 3 benar
b. jika jawaban 1 dan 3 benar
c. jika jawaban 2 dan 4 benar
d. jika jawaban 4 saja yang benar
e. jika jawaban semua benar
Petunjuk 3 (soal no 31-40)
a. jika pernyataan pertama dan kedua benar serta keduanya mempunyai hubungan sebab akibat
b. jika pernyataan pertama dan kedua benar tetapi keduanya tidak terdapat hubungan sebab akibat
c. jika pernyataan pertama benar dan pernyataan kedua salah
d. jika peryataan pertama salah dan pernyataan kedua benar
e. jika pernyataan pertama salah dan pernyataan kedua salah

Gunakan petunjuk 1

1. Komputer berasal dari kata compute artinya….
a. mengolah kata b.mengolah angka c. membaca d. menghitung e. menulis
2. IBM merupakan perintis lahirnya computer yang menggunakan transitor, merupakan…
a. generasi ke-2 b. generasi ke-1 c. generasi ke-3 d. generasi ke-4 e. Generasi ke-5
3. Untuk mematikan computer sementara tanpa mematikan hardisk, adalah fungsi….
a. Restart b. Stand by c. Cancel d. turn off e. turn on
4. Cara menghentikan proses yang tidak merespons adalah dengan menekan…
a. shit+alt+del b. ctrl+alt+del c. tab+alt+del d. tombol enter e. ctrl+s
5. Hardware yang berfungsi sebagai penyimpan listrik cadangan adalah….
a. IPS b. UPS c. Stabilizer d.JPS e. BPS
6. Kepanjangan dari CPU adalah…
a. Central Prosesor Unit b. Central Prompt Unit c. Central Pont Unit d. Central Part Unit e. Salah semua
7. Huruf W terletak pada jari….kiri dalam pengetikan 10 jari.
a. telunjuk b. jari manis c. kelingking d. jempol e jari tengah
8. Huruf V terletak pada jari….kiri dalam pengetikan 10 jari.
a. telunjuk b. jari manis c. kelingking d. jempol e. jari tengah
9. Hardware yang termasuk alat keluaran, kecuali…
a. Hardisk b. printer c. speaker d. Monitor e. RAM
10. Yang termasuk ke dalam pengolah kata, kecuali….
a. notepad b. open office c. word paint d. word perfect e. salah semua
11. Gangguan kesehatan yang disebabkan oleh computer secara garis besar, adakah….
a. mata dan kepala b. lengan dan tangan c. leher,pundak dan punggung d. kuku e. kaki dan telinga
12. Hak paten dalam komputer diatur dalam undang-undang pasal 1 ayat 1 tahun….
a. 2000 b. 2001 c. 2002 d. 2003 e. 2008
13. Berikut adalah peralatan masukan (input device) kecuali….
 a. touch screen b. graphic tablet c light pen d. track ball e. mouse pad
14. Untuk menggambar dengan menggunakan computer layaknya membuat gambar pada buku gambar, digunakan….
 a. touch screen b. graphic tablet c light pen d. track ball e. mouse pad
15. Berikut ini yang dapat menjadi alat masukan sekaligus keluaran, adalah….
 a. scanner b. kamera digital c. touch screen d. keyboard e. flash disk
16. Jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan jarigan audio dan video adalah….
 a. kabel terpilin b. kabel coaxial c. fiber glass d. kabel tembaga e. kabel UTP
17. Berikut adalah yang tidak termasuk ke dalam kategori hak ciptaan adalah….
 a. buku b. lagu c. film d. mesin e. software komputer
18. Masa berlakunya hak atas ciptaan adalah .... tahun setelah diumumkan.
 a. 20 b. 25 c. 30 d. 40 e. 50
19. Berdasarkan UU Perlindungan HAKI, pelanggaran terhadap ketentuan yang berlaku dapat dikenai sanksi denda paling banyak….
 a. 100 juta b. 200 juta c. 250 juta d. 500 juta e. 1 miliar
20. Rasa sakit yang disebabkan oleh gerakan berulang pada satu bagian tubuh tertentu dan posisi duduk yang lama dan menetap disebut..
 a. repetitive injury b. repeititive pain injury c. repetitive strain injury d. repetitive stress injury d. repetitive main injury 


Gunakan petunjuk 2

21. Yang termasuk ke dalam computer generasi kedua adalah IBM.
 1. serie 1400 2. NCR 304 3. PDP-8 4. MARK IV
22. Ada banyak sistem operasi komputer dan masing-masing mempunyai cara sendiri dalam pengoperasiannya.
 1. DOS 2. Windows 3. Linux 4. UNIX
23. Beberapa contoh program pengolah grafis.
 1. adobe photoshop 2. corel draw 3. microsoft paint 4. word paint
24. Beberapa program pengolah database.
 1. microsoft access 2. star office 3. MySQI 4. Word perfect
25. Bagian-bagian computer secara garis besar.
 1. input device 2. CPU 3. ouput device 4. mainboard device
26. Beberapa alat masukan.
 1. keyboard 2. RAM 3. Mouse 4. floppy disk
27. Beberapa alat keluaran.
 1. ROM 2. Monitor 3. RAM 4. LCD proyektor
28. Beberapa alat penyimpan cadangan.
 1. floppy disk 2. hardisk 3. flashdisk 4. barcode disk
29. Beberapa alat CPU.
 1. ROM 2. mikrofon 3. RAM 4. speaker
30. Beberapa alat masukan yang digunakan sebagai pengganti mouse.
 1. trackball 2. touchscreen 3. joystisk 4. light pen

Gunakan petunjuk 3

31. Cracker adalah segolongan orang yang menyerobot masuk ke dalam system computer dan merusak sistemnya dengan tujuan utama 
 untuk mendapatkan keuntungan.
Sebab
 Cracker juga menguntungkan bagi orang yang telah dimasuki system computernya.
32. Konsep dunia tanpa batas di dalam dunia maya telah mengundang banyak implikasi buruk kepada para pengguna internet terutama 
  dikalangan remaja.
Sebab
 Sebagian para remaja adalah pengguna internet yang intensif terutama dalam mengakses situs-situs porno.
33. Menghidupkan dan mematikan komputer harus dilakukan secara benar, usahakan tidak terlalu sering menghidupmatikan komputer, 
  karena setiap kali anda menyalakan komputer menyebabkan aus dan rusaknya chip, motor hardisk dan komponen elektronik yang  
  terdapat dalam computer.
Sebab
 Menyalakan dan menghidupkan komputer beberapa kali sehari akan memperbanyak stress pada komponen komputer dibandingkan
  dengan menghidupkan komputer sehari penuh.

34. Virus disebarkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga dapat merusak system, data, perisian dan melumpuhkan rangkain 
  Computer.
Sebab
 Virus diciptakan manusia tanpa ada motivasi apapun.

35. Pelanggaran hak cipta yaitu memuat seluruh isi atau sebagian dari suatu dokumen dengan tidak benar, melanggar UU Hak Cipta, dan
  Ijin dari pihak pemiliknya.
Sebab
 Pelanggaran Hak Cipta menjadikan tradisi yang tidak tertulis segolongan orang-orang yag mempuyai moral tradisi kepercayaan 
  Mengenai perilaku benar atau salah, sedangkan etika adalah suatu aset kepercayaan, standar dan pemikiran yang mengisi suatu
  individu, kelompok dan masyarakat.

36. Pembajakan adalah suatu pecurian. Pencurian adalah tindakan kriminal. orang yag bertindak kriminal harus dihukum.
Sebab
 Anggota band Slank melawan dan mengkampanyekan bahaya pembajakan kaset.

37. Untuk mengatasi masalah pembajakan software salah satunya adalah menjaga tingkah laku individu supaya segala pengetahuan, 
  kepakaran, dan kemahiran dapat digunakan untuk kebaikan bersama serta bermanfaat.
Sebab
 Pembajakan software harus dibuat aturan hukum yang mengatur tentang masalah-masalah pembajakan software.

38. Tempat kerja sangat berpengaruh bagi kenyamanan kita dalam bekerja. Sebelum bekerja alangkah baiknya kita mengatur tempat 
  kerja kita.
Sebab
 Meja diposisikan cukup untuk menata posisi yang nyaman untuk monitor, keyboard, mouse, printer, penyangga buku dan peranti 
  lain seperti telepon.

39. Posisi layar monitor sedemikian rupa sehingga dapat meminimalisir pantulan cahaya dari lampu, jendela atau sumber cahaya lainnya.
Sebab
 Apabila tidak memungkinkan untuk mengatur posisi layar monitor, anda tidak perlu memasang filter di depan layar moitor .

40. Kebiasaan yang dapat anda lakukan untuk mengurangi gangguan kesehatan adalah salah satunya buatlah variasi dalam bekerja dan 
  istirahat atau break secara periodic. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan kelelahan dan ketidaknyamanan. Sebaiknya setiap 20
  menit bekerja, break selama 20 menit, dengan mengalihkan pandangan ke jarak kurang lebih 2 meter.
Sebab
 Cara kerja yang lain adalah agar kita bekerja nyaman dan proporsional jangan mengedipkan mata saat memandang monitor . ketika
  memandang layar monitor, kita cenderung akan lebih jarang berkedip daripada ketika kita mengerjakan pekerjaan lain dalam jarak 
  dekat, misalnya menulis surat di kertas. Jika kita sering berkedip kita akan terasa pusing kepala. Untuk mengatasinya, alihkan 
  pandangan bukan ke monitor sesekali dalam menghadapi pekerjaan yang menumpuk yang butuh dalam pengoperasian komputer .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar