Selasa, 27 Januari 2009

Silabus IPS Geografi Kelas VII SMP

SILABUS
Nama Sekolah : SMP .........................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Alokasi Waktu : 13x45 menit
Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik Bentuk
Tagihan Contoh
Instrumen
1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan Bentuk Muka Bumi
• Tenaga Endogen



















• Menjelaskan dan mengamati gambar relief muka bumi akibat tenaga geologi

• Membedakan jenis-jenis dan faktor penyebab terjadinya tenaga endogen





• Mendeskripsikan tenaga endogen yang menimbulkan berbagai bentuk muka bumi

• Membedakan jenis-jenis tenaga endogen berdasarkan penyebabnya






















• Unjuk kerja



• Tanya jawab



















• Analisis gambar



• Uraian
























• Amati dan analisislah gambar/foto tentang relief muka bumi!


• Jelaskanlah tentang jenis-jenis tenaga endogen berdasarkan penyebabnya!

















1x45 menit









• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 3 - 4)
• Buku penunjang lain
• Gambar atau foto relief muka bumi
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet

• Gejala Diatropisme
• Menjelaskan dan mengamati gambar patahan dan lipatan
• Secara individu, menulis karangan tentang Lumpur Lapindo dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar

• Mendeskripsikan dan membedakan berbagai jenis gejala diatropisme

• Menganalisis pengaruh gejala diatropisme terhadap bentuk muka bumi
• Unjuk kerja

• Penugasan • Diskusi


• Karangan Analitis
• Analisislah gambar dan diskusikan tentang berbagaio jenis gejala diatropisme!
• Tulislah sebuah karangan tentang bencana Lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur! Analisis pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar! (hal 32)
1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 5 - 9)
• Buku penunjang lain
• Gambar patahan dan lipatan
• Gambar tiga jenis batas lempeng
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Gejala Vulkanisme

• Mendiskusikan tentang terjadinya gejala vulkanisme dan pengaruhnya terhadap bentuk muka bumi
• Mendeskripsikan gejala vulkanisme dan pengaruhnya terhadap bentuk muka bumi
• Unjuk kerja

• Diskusi kelompok
• Analisa dan diskusikan tentang gejala vulkanisme dan pengaruhnya terhadap bentuk muka bumi!
1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 9-10)
• Buku penunjang lain
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet

Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik Bentuk
Tagihan Contoh
Instrumen
• Tipe Gunung Api







• Mengamati gambar dan mendiskusikan tipe-tipe gunung api

• Menyebutkan klasifikasi tipe-tipe gunung api





• Mengidentifikasi proses terjadinya tipe-tipe gunung api

• Mengklasifikasikan tipe-tipe gunung api






• Unjuk kerja


• Tugas kelompok






• Diskusi



• Produk







• Diskusikanlah mengenai proses terjadinya tipe-tipe gunung api!
• Buatlah replika tipe gunung api (strato, maar, dan perisai) dengan menggunakan lilin mainan! (hal 34)



1x45 menit






• Buku sumber Geografi SMP-ESIS (hal 11-12)
• Buku penunjang lain
• Gambar tipe-tipe gunung api
• Lilin mainan
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Sebaran Gunung Api


• Mengamati peta jalur sirkum pegunungan Mediterania dan Pasifik dan menyebutkan batas-batas sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik

• Menganalisis pengaruh keberadaan sirkum pegunungan Mediterania dan Pasifik terhadap wilayah Indonesia • Mengidentifikasi batas-batas sirkum Mediterania dan Pasifik




• Menganalisis pengaruh sirkum pegunungan di muka bumi terhadap wilayah Indonesia
• Unjuk kerja





• Tugas kelompok
• Tes identifikasi





• Karangan Analitis • Amatilah peta jalur sirkum pegunungan Mediterania dan Pasifik! Sebutkan batas-batas sirkum Mediterania dan sirkum Pasifik!
• Carilah data-data pendukung dari situs internet tentang pengaruh adanya jalur sirkum pegunungan tersebut terhadap wilayah Indonesia!
1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 12 – 14)
• Buku penunjang lain
• Peta jalur Sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik
• Peta jalur gunung api
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Gempa Bumi


• Mendiskusikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya • Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan menganalisis akibat yang ditimbulkannya • Unjuk kerja • Diskusi • Diskusikanlah tentang dampak bencana gempa terhadap perubahan muka bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar! 1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 14 – 17)
• Buku penunjang lain
• Foto tentang kerusakan akibat gempa bumi
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet


Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik Bentuk
Tagihan Contoh
Instrumen
• Jenis-jenis Batuan • Menganalisis perbedaan jenis batuan berdasarkan proses pembentukan
• Mengamati diagram siklus batuan dan menjelaskan kembali tentang siklus batuan • Mengidentifikasi jenis batuan berdasarkan proses pembentukan
• Mendeskripsikan siklus batuan • Pre-tes • Uraian berstruktur

• Jelaskan mengenai siklus batuan! 1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 18 – 21)
• Buku penunjang lain
• Foto-foto batuan
• Diagram siklus batuan
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Daftar pertanyaan
• Tenaga Eksogen




• Diskusi jigsaw tentang proses alam eksogen, yang meliputi pelapukan, erosi, sedimentasi, dan mass wasting


• Mendeskripsikan jenis-jenis tenaga eksogen dan menganalisis pengaruhnya terhadap perubahan bentuk muka bumi
• Unjuk kerja




• Diskusi jigsaw




• Diskusikanlah tentang proses eksogen yang dapat merubah bentuk muka bumi!

1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 21 - 22)
• Buku penunjang lain
• Gambar muka bumi
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Pelapukan • Melakukan pengamatan pelapukan batuan yang ada di sekitar sekolah dan menjelaskan jenis-jenis pelapukan, serta dampaknya terhadap perubahan muka bumi dalam bentuk laporan • Mendeskripsikan jenis-jenis proses pelapukan • Pengamatan • Laporan • Amatilah batuan di sekitar sekolah! Buatlah laporan hasil pengamatanmu! 1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 21 - 22)
• Buku penunjang lain
• Gambar/foto bentukan hasil pelapukan
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Erosi • Menonton VCD pembelajaran tentang proses erosi dan pengaruhnya terhadap perubahan muka bumi
• Secara individu, siswa membuat karangan tentang film tersebut • Mendeskripsikan proses erosi dan menganalisis dampaknya terhadap perubahan muka bumi • Unjuk kerja • Karangan • Tontonlah VCD tentang proses erosi! Buatlah karangan tentang film yang kamu tonton! 1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 23 – 26)
• Buku penunjang lain
• Gambar/foto bentukan hasil proses erosi
• OHP/ Slide Proyektor
• CD Pembelajaran
• Internet
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik Bentuk
Tagihan Contoh
Instrumen
• Sedimentasi • Menjelaskan proses sedimentasi dan menyebutkan contoh-contoh bentukan yang dihasilkan proses sedimentasi • Menganalisis faktor penyebab dan dampak sedimentasi terhadap kehidupan • Unjuk kerja • Diskusi • Apakah daerah permukiman yang berada di pinggir sungai dapat menyebabkan pendangkalan sungai? (Portofolio hal 33) 1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 26– 28)
• Buku penunjang lain
• Gambar/foto bentukan hasil sedimentasi
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Dampak tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan di muka bumi • Mendiskusikan hubungan bencana alam dengan perubahan muka bumi • Mengidentifikasi dampak positif dan dampak negatif adanya tenaga endogen dan eksogen terhadap muka bumi
• Unjuk kerja • Diskusi • Apa hubungan bencana alam dengan adanya perubahan muka bumi? Diskusikanlah dengan kelompokmu! (hal 34) 1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 28– 30)
• Buku penunjang lain
• Gambar/foto bentukan hasil sedimentasi
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Upaya penanggulangan dampak negatif tenaga endogen dan eksogen • Menganalisis dan mendiskusikan upaya penanggulangan dampak negatif tenaga endogen dan eksogen • Mengidentifikasi upaya penanggulangan dampak negatif tenaga endogen dan eksogen • Tanya jawab • Lisan • Analisis dan diskusikanlah tentang upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi dampak negatif tenaga endogen dan eksogen! 1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 30)
• Buku penunjang lain
• Gambar/foto bentukan hasil sedimentasi
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet


Mengetahui, ………………, …………………………
Kepala Sekolah/Yayasan ………………………….. Guru Mata Pelajaran Geografi



__________________________ _____________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.

SILABUS
Nama Sekolah : ..........................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Alokasi Waktu : 18x45 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik Bentuk
Tagihan Contoh
Instrumen
4.1. Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan









Peta, Atlas, dan Globe
• Pengertian peta, atlas, dan globe


• Jenis dan bentuk peta

• Menjelaskan pengertian peta, atlas, dan globe, serta merumuskan perbedaannya

• Mengamati berbagai jenis dan bentuk peta, serta membuat karangan tentang manfaat peta

• Merumuskan perbedaan peta, atlas, dan globe



• Mengidentifikasi jenis, bentuk, dan pemanfaatan peta

• Tugas kelompok



• Portofolio

• Produk (Atlas)



• Karangan Analitis

• Buatlah atlas umum sederhana yang berisi salah satu pulau besar di Indonesia berdasarkan provinsinya! (hal 57)
• Tulislah sebuah karangan tentang manfaat peta terhadap pembangunan bangsa Indonesia! (hal 56) 1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 41 – 46)
• Buku penunjang lain
• Contoh jenis-jenis peta
• Peta, atlas, dan globe
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Penggunaan komponen peta, atlas, dan globe untuk mencari informasi geografis


• Melakukan kunjungan ke Dinas Tata Kota dan melakukan wawancara terhadap pegawai dinas tersebut tentang proses pemetaan kota/ kabupaten • Mengidentifikasi informasi geografis dari peta, atlas, dan globe

• Unjuk kerja • Laporan
• Peta wilayah • Wawancarai pegawai Dinas Tata Kota di wilayahmu mengenai proses pemetaan kota/ kabupaten tersebut dan membuat peta wilayah sendiri! (hal 57) 1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 46 – 51)
• Buku penunjang lain
• Tape recorder
• Skala peta
• Memperbesar dan memperkecil peta


• Menggali informasi tentang berbagai jenis skala peta dari berbagai referensi
• Melakukan praktek memperbesar dan memperkecil peta dengan menggunakan pantograph di sekolah
• Mengartikan berbagai skala


• Memperbesar dan memperkecil peta dengan bantuan garis-garis koordinat

• Unjuk kerja


• Tes identifikasi


• Demonstrasi • Carilah dan cermati berbagai jenis skala peta dari berbagai referensi!
• Lakukan percobaan memperbesar dan memperkecil peta dengan mengunakan pantograph di sekolahmu! 1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 51 – 52)
• Buku penunjang lain
• OHP/ Slide Proyektor
• Peta, atlas, dan globe
• Pantograph
• Internet
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik Bentuk
Tagihan Contoh
Instrumen
4.2. Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan obyek geografi Peta sebagai Sketsa Wilayah
• Sketsa wilayah dan obyek geografi



• Mencermati fungsi peta sebagai sketsa wilayah dari bentuk asli muka bumi pada buku sumber
• Secara individu, siswa membuat denah lokasi tempat tinggal ke sekolah

• Membuat sketsa wilayah dan obyek geografi



• Portofolio




• Penugasan

• Denah




• Soal evaluasi


• Buatlah denah lokasi tempat tinggalmu menuju sekolah pada buku gambar atau kertas HVS! (hal 77)
• Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumbermu! (hal 74-75)

1x45 menit


• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 60 – 63)
• Buku penunjang lain
• Gambar peta sebagai sketsa wilayah dan contoh peta individual
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Menentukan skala peta




• Simbol-simbol geografi pada peta • Menghitung skala peta





• Menggolongkan data geografis menggunakan simbol-simbol peta • Menentukan dan menghitung skala peta




• Mengidentifikasi simbol-simbol geografi pada peta


• Unjuk kerja




• Portofolio






• Tes tertulis





• Menyusun percakapan






• Jarak kota A dan kota B adalah 5 km, sedangkan jarak antara kedua kota tersebut pada peta adalah 2 cm. Hitunglah skala peta tersebut!
• Tulislah sebuah percakapan antara seorang siswa dengan seorang kartografer mengenai hal-hal yang harus dipenuhi dalam pembuatan peta! (hal 76)
1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 64 – 73)
• Buku penunjang lain
• Peta dan atlas
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet








Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik Bentuk
Tagihan Contoh
Instrumen
4.3. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk Kondisi Geografis dan Penduduk
• Kondisi geografis suatu wilayah pada peta



• Mengamati dan mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta

• Mendeskripsikan kondisi geografis suatu wilayah pada peta



• Unjuk kerja



• Portofolio

• Analisis




• Soal evaluasi

• Perhatikanlah peta pulau Sumatra! Jelaskan relief pulau Sumatra bagian barat! (hal 90)
• Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumbermu! (hal 88 - 89)

1x45 menit


• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 80 – 83)
• Buku penunjang lain
• Peta dan atlas
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Kondisi penduduk suatu wilayah • Mendeskripsikan kondisi penduduk suatu wilayah
• Secara individu, siswa membuat karangan analitis • Mendeskripsikan kondisi penduduk suatu wilayah

• Portofolio • Karangan Analitis • “Apakah kondisi geografis memengaruhi penduduk atau penduduk yang memengaruhi kondisi geografis?” Berikan komentarmu dalam bentuk karangan! (hal 89) 1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 83 – 85)
• Buku penunjang lain
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk • Mendiskusikan kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk • Menganalisis kaitan antara kondisi geografis dengan keadaan penduduk
• Unjuk kerja





• Diskusi






• Diskusikanlah masalah ketimpangan pembangunan antara wilayah Indonesia Bagian Barat dibandingkan Indonesia Bagian Timur! (hal 89)
1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 85 – 87)
• Buku penunjang lain
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet





Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik Bentuk
Tagihan Contoh
Instrumen
4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan Atmosfer
• Sifat fisik atmosfer
• Lapisan Atmosfer





• Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer
• Menyebutkan lapisan-lapisan atmosfer dan manfaatnya
• Mendeskripsikan sifat-sifat fisik atmosfer dan Mengklasifikasikan lapisan-lapisan atmosfer
• Tugas individu
• Karangan analitis
• Apakah pertambahan kepemilikan kendaraan pribadi berpotensi besar menyebabkan kerusakan lapisan ozon? (hal 116)
1x45 menit

• Buku sumber Geografi SMP–ESIS (hal 94-97)
• Buku penunjang lain
• Gambar pembagian lapisan atmosfer
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Unsur-unsur cuaca dan iklim










• Menjelaskan dan menganalisis unsur-unsur cuaca dan iklim, serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia
• Mengamati unsur-unsur cuaca dan iklim selama satu minggu dan membuat laporan pengamatan






• Mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh cuaca dan iklim terhadap kehidupan di muka bumi






• Portofolio




• Unjuk kerja







• Kliping




• Laporan
• Presentasi






• Buatlah kliping tentang kejadian cuaca dari berbagai media, baik cetak maupun elektronik! (hal 117)
• Lakukan pengamatan awan selama satu minggu! Catat dan gambarkan awan yang terlihat pada siang-sore hari, serta cocokkan dengan cuaca pada hari itu! (hal 117)
1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 97 – 108)
• Buku penunjang lain
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Media cetak dan elektronik
• Tipe-tipe hujan




• Faktor yang memengaruhi suhu udara
• Mengklasifikasikan dan menjelaskan perbedaan tipe-tipe hujan (orografis, konveksi, dan frontal)

• Membuat karangan analitis tentang penyesuaian manusia terhadap keadaan suhu udara pada suatu daerah • Mengidentifikasi tipe-tipe hujan



• Menghitung dan menganalisis suhu udara daerah berdasarkan ketinggian di atas permukaan laut
• Portofolio • Produk




• Karangan analitis • Buatlah gambar proses terjadinya hujan orografis, konveksi, dan frontal! Beri penjelasan seperlunya!
• Apabila kamu ingin berkemah ke suatu pegunungan pada ketinggian 2.500 m dpl dan suhu 11-17ÂșC, hal apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi keadaan cuaca di daerah tersebut? (hal 116) 1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 109)
• Buku penunjang lain
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik Bentuk
Tagihan Contoh
Instrumen
• Proses terjadinya angin dan jenis-jenis angin • Mengamati gambar dan tanya jawab tentang proses terjadinya angin, jenis-jenis angin, dan contoh-contohnya • Menganalisis proses terjadinya angin dan memberikan contohnya • Unjuk kerja


• Portofolio • Analisis gambar


• Soal evaluasi • Amati dan analisislah gambar tentang proses terjadinya angin darat dan angin laut!
• Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumbermu! (hal 115 - 116) 1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 110 – 114)
• Buku penunjang lain
• Gambar prose terjadinya berbagai jenis angin
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
Hidrosfer
• Siklus Hidrologi





• Mengamati gambar dan tanya jawab tentang siklus hidrologi dan bagian-bagiannya

• Mendeskripsikan siklus hidrologi dan bagian-bagiannya

• Portofolio



• Penugasan




• Skema



• Soal evaluasi


• Buatlah skema tentang siklus hidrologi dan bagian-bagiannya!

• Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumbermu! (hal 138 - 139)


1x45 menit

• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 120 – 122)
• Buku penunjang lain
• Gambar siklus hidrologi
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Jenis-jenis air permukaan dan air tanah • Mengamati dan membuat desain penelitian tentang penghematan air bersih di sekolah • Mengklasifikasikan bentuk-bentuk tubuh air permukaan dan air tanah serta pemanfaatannya • Tugas kelompok




• Desain penelitian



• Makalah
• Desainlah suatu penelitian sederhana untuk mengetahui penghematan air bersih di sekolahmu! (hal 139)
• Buatlah makalah mengenai pengelolaan masalah banjir di negara Belanda! (hal 140)

1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 122 – 128)
• Buku penunjang lain
• Gambar bentuk tubuh perairan darat
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Media cetak






Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik Bentuk
Tagihan Contoh
Instrumen
• Zona laut menurut letak dan kedalamannya



• Jenis-jenis laut menurut letak dan proses terjadinya

• Membaca buku dan menunjukkan zona-zona laut menurut letak dan kedalamannya pada peta dunia


• Secara individu, siswa menunjukkan pada peta dunia dan menjelaskan jenis-jenis laut berdasarkan letak dan proses terjadinya • Mengidentifikasi zona laut menurut letak dan kedalamannya




• Mengidentifikasi jenis-jenis laut menurut letak dan proses terjadinya

• Portofolio


• Pre-tes



• Unjuk kerja • Gambar relief dasar laut
• Isian singkat


• Tes identifikasi • Buatlah gambar relief dasar laut!

• Laut yang terletak di antara dua benua disebut .....

• Tunjukanlah pada peta, laut-laut yang termasuk laut pedalaman! 1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 129 – 131)
• Buku penunjang lain
• Peta Dunia
• Gambar pembagian wilayah laut menurut letak dan kedalaman
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet
• Batas wilayah laut Indonesia • Menganalisis dan mendiskusikan mengenai batas wilayah laut Republik Indonesia • Menganalisis batas wilayah laut terhadap suatu negara • Pre-tes




• Unjuk kerja • Uraian singkat



• Makalah dan presentasi • Jelaskan perbedaan cara menentukan batas landas kontinen, laut teritorial, dan ZEE!

• Diskusikanlah mengenai masuknya pulau Sipadan dan Ligitan menjadi wilayah Malaysia! (hal 140) 1x45 menit
• Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 132 – 134)
• Buku penunjang lain
• Peta Dunia
• OHP/ Slide Proyektor
• Internet








Standar Kompetensi : 6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi
Waktu Sumber /Bahan/
Alat Belajar
Teknik Bentuk
Tagihan Contoh
Instrumen
6.1. Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi Kegiatan Ekonomi Penduduk berdasarkan Penggunaan Lahan
• Mata pencaharian penduduk
• Penggunaan lahan di perdesaan dan perkotaan





Membaca buku dan mengklasifikasikan macam-macam mata pencaharian penduduk
• Menganalisis penggunaan lahan di perkotaan dan perdesaan
Mengidentifikasi mata pencaharian penduduk Mendeskripsikan bentuk penggunaan lahan di perdesaan dan perkotaan serta menganalisis pemanfaatannya Tugas individu Penugasan Laporan dan presentasi Soal evaluasi Wawancarailah tetanggamu mengenai jenis pekerjaan, pemilihan tempat tinggal, serta rutinitas pekerjaan yang dilakukannya! Buatlah laporannya! (hal 153) Kerjakanlah soal evaluasi pada buku sumber! (hal 151 - 160) 1x45 menit Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 134 – 142) Buku penunjang lain OHP/ Slide Proyektor Internet Tape recorderPola permukiman penduduk Kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman pendudukDiskusi jigsaw tentang kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk di daerah pantai, dataran rendah yang luas, dan dataran tinggiMendeskripsikan pola persebaran permukiman penduduk di berbagai bentang lahan dan menganalisis kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk Unjuk kerja Tugas individu Diskusi jigsaw Kliping Analisis dan diskusikan tentang kaitan bentang lahan dengan persebaran permukiman penduduk di daerah pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi! Buatlah kliping tentang persebaran permukiman penduduk di Indonesia! 1x45 menit Buku sumber Geografi SMP – ESIS (hal 142 – 145) Buku penunjang lain OHP/ Slide Proyektor Internet Mengetahui, ………………, ………………………… Kepala Sekolah/Yayasan ………………………….. Guru Mata Pelajaran Geografi _________________________ _____________________________ NIP/NRK. NIP/NRK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar